1.26.2010

Si Badak Ivan Zamorano


1+8 = 9
sbagai seorang Milanisti,ngga biasa aku ngomongin inter,berhubung dia adalah striker idola masa kecilku,ya ini sekilas tentang Ivan Zamoranoat wits' end


NAMA Ivan Zamorano sangat besar bagi Cile. Semasa kejayaannya, dia membuat negeri itu dihormati lawan-lawannya. Apalagi, di tingkat klub dia juga sukses.

Lahir dengan nama Ivan Luis Zamorano Zamora pada 18 Januari 1967, bakat besarnya sudah terlihat sejak kecil. Sebagai striker, dia termasuk dinamis, ulet, dan cepat. Zamorano juga tipe pekerja. Sehingga, sulit menjaga pergerakannya.

Mengawali karier di Cobresal, namanya cepat tenar karena kemampuannya itu. Dia pun cepat laris. Sempat membela Cobreandrino dan St Gallen, dia kemudian dibeli Sevilla pada 1990. Zamorano pun segera menjadi andalan klub Spanyol itu, mencetak 21 gol dari 59 penampilannya.

Real Madrid tergiur dan kemudian membelinya pada 1992. Zamorano pun sukses mengantar klub itu juara Divisi Primera musim 1994-95. Dia pun menjadi top skorer Liga Spanyol.

Kebesarannya kemudian dimiliki Inter Milan dari 1996 sampai 2000. Zamorano sempat memberikan gelar Piala UEFA kepada Inter, namun selalu gagal di Liga Serie-A. Meski begitu, permainannya tetap menjadi kekuatan setiap tim yang dia bela.

Di Tim Nasional Cile, dia menjadi bintang utama bersama Marcelo Salas dan Elias Figueroa. Duetnya bersama Salas dianggap terbaik dalam sejarah Cile, dan dikenal dengan duet Sa-Za (Salas-Zamorano). Dia membela Cile 69 kali dan mencetak 34 gol. Produktivitas yang sangat tinggi.applause

Sayang, di Piala Dunia 1998, dia gagal memmbawa timnya berprestasi tinggi. Perjalanan Cile hanya sampai di putaran kedua. Meski begitu, namanya tetap besar. Dan, dia menjadi inspirator juniornya, termasuk pasukan yang akan tampil di Piala Dunia 2010 nantithumbs up

One response to “Si Badak Ivan Zamorano”

m.XAVI said...

saiki iseh g0ndr0ng rambute pg?

Leave a Reply